Sabtu, 14 Januari 2017

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Sumber :
 http://hariansehat.com/manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan-tubuh/

     Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh, Sumber makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan mememiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan tubuh. Tak terkecuali dengan jambu biji yang juga terkenal dengan berbagai macam manfaatnya sebagai obat tradisional dan pencegahan berbagai penyakit, diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, membantu pasien demam berdarah hingga kandungan zat anti kanker dimiliki oleh jenis jambu ini.


     Letak geografis negara Indonesia yang merupakan daerah tropis membuat banyak tanaman tropis tumbuh salahsatunya menghasilkan jambu biji. Jambu biji memiliki beberapa jenis yang cukup terkenal diantaranya jambu biji merah dan jambu biji putih. Meskipun banyak orang yang kurang tertarik dengan jambu biji ini tetapi jangan salah, jambu biji memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Jambu Biji bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan dan Kecantikan
Gambar Ilustrasi

     Jambu biji memiliki banyak kandungan gizi bermanfaat diantaranya kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan memiliki zat anti kanker. Selain itu, kadar kolesterol dapat diturunkan dengan mengkonsumsi jambu biji.
     Vitamin C pada jambu biji jika dibandingkan dengan jeruk hampir dua kali lipatnya dari jeruk. Dalam setiap 100gr jambu biji vitamin C terkandung sekitar 87 mg sedangkan pada jeruk hanya mengandung sekitar 49 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji juga berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan buah apel atau anggur.
Biasanya vitamin C pada jambu biji akan maksimal pada saat jembu menjelang matang. Vitamin C pada jambu biji biasanya paling banyak pada bagian kulit dan juga dagingnya yang cukup tebal. Maka dari itu ketika mengkonsumsi jambu biji sebaiknya kulitnya juga dikonsumsi tapi jangan lupa sebelumnya bersihkan dulu hingga benar-benar bersih sehingga tak ada bakteri yang terkonsumsi.


Apa Manfaat Jambu Biji?

Mengingat banyaknya manfaat jambu biji, dibawah ini merupakan beberapa manfaat nya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, simak selangkapnya dibawah ini :

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
     Sistem kekebalan tubuh mampu ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah jambu. Karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi mampu mencegah dari berbagai ancaman penyakit yang dapat menyerang tubuh.


2. Anti-Tumor dan Anti-Inflamasi
     Jambu biji memiliki sifat anti tumor dan anti-inflamasi karena memiliki kandungan lycopene didalamnya sehingga pertumbuhan tumor bisa dicegah.


3. Mencegah Kanker
     Selain mengandung lycopene jambu biji juga mengandung zat antioksidan diantranya flavonoid dan fitonutrien yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Selain itu vitamin C yang tinggi pada jambu biji juga mampu menetralkan radikal bebas yang beresiko menyebabkan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar