Kamis, 11 Agustus 2016

Resep Opak Balado Eksklusif


Made with Ayysha
Bahan : 
·         1 kg singkong, kupas lalu diparut halus
·         2 siung bawang putih
·         2 siung bawang merah
·         2 sdt ketumbar
·         Garam secukupnya
·         5 tangkai dau seledri, potong halus (sesuai selera)
·         1 sdt lada
·         2 sdm  gula pasir
·         Minyak untuk menggoreng
·         Bumbu Balado

Cara membuat :
1.    Bawang merah, bawang putih, dan ketumbar digiling hingga halus, tambahkan garam sucukupnya hingga adonan terasa asin.
2.    Campurkan semua bumbuyang telah dihaluskan kedalam singkong yang sudah diparut termasuk daun seledri dan gula pasir. Aduk hingga rata.
3.    Setelah adonan menyatu, ambil seukuran kepalan tangan lalu buat menjadi tipis-tipis dan berbentuk bulat (bisa memakai botol untuk menipiskannya)
4.    Siapkan air dalam panci ntuk mengukus opak, masak air hingga mendidih. Setelah mendidih, letakkan adonan opak yang telah ditipiskan ditutup panci, kemudian tutup panci.
5.    Biarkan 2-3 menit, lalu angkat tutup panci dan lepaskan adonannya pelan-pelan, lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Lalu jemur semua opak dibawah sinar matahari  hari hingga opak kering
6.    Setelah opak kering, goreng dalam minyak panas. Jika warna sudah agak kecoklatan, angkat dan tiriskan hingga tidak ada minyak lagi diopaknya.
7.    Kemudian siapkan wadah seperti toples, masukkan bumbu balado, kemudian masukkan opak yang telah digoreng, lalu goncang-goncang hingga bumbu merata pada opak.
8.    Setelah itu, masukkan opak kedalam plastik bungkus, beri label pada bungkus ( nama makanan, nama pembuat makanan dan komposisi makanan)
9.    Kemudian, rekatkan bungkus bisa dengan lilin, staples atau selotip.

10. Daan.. Opak Balado AYYSHA dapat dinikmati!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar