Kamis, 11 Agustus 2016

Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hari ini Ayyu akan menuliskan sebuah contoh ceramah Agama Islam tentang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ini dia contoh dari ceramah tentang Maulid Nabi Muhammad SAW.

MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Alhamdulillah alhamdulillahillazi arsala rasullahu bilhuda wadinil haq, liyuzzirahu aladdini kulli walaukarihal kafirun walaukarihal munafiqun.
Asyhaduallah illahaillallah, waasyhaduanna muhammadan abduhu warasulu lanabiya ba’da, amma ba’du.Saya berdiri disini akan berceramah tentang Nabi Muhammad SAW.
Nabi Muhammad lahir tanggal 12 Rabiul Awal 571 Masehi. Ayahnya bernama Abdullah dan Ibunya bernama Aminah.Nabi Muhammad adalah utusan dari Allah SWT,dan kelak Nabi Muhammad dewasa yang menyebarkan Ajaran agama islam serta menjadi contoh teladan dalam praktek menjalani kehidupan ini hinggar hari kiamat.
Tujuan dari Maulid Nabi Muhammad SAW adalah mengingatkan kita harus mengikuti ajaran,aturan dan sunah-sunah dalam pedoman hidup secara islam.
Apakah sebenarnya hikmah dari Maulid Nabi? Hikmah dari Maulid Nabi adalah mengembangkan semangat ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan cara meningkatkan sholat tepat waktu,banyak berdzikir,menjauhi perbuatan yang dilarang Allah SWT,contohnya
1.      Ikhlas menjalani ujian dengan mengharapkan ridho dari Allah SWT.
2.      Menghormati orangtua,mematuhi guru dan menyayangi teman yang akan membuat tali silaturahmi yang akrab.

Dengan peringatan Maulid Nabi,kitadapat mengambil hikmahnya,lalu dengan sadar dan ikhlas mengerjakannya didalami kehidupan ini,serta penuh harapan adan percaya diri.

Ada salah satu dalil yaitu,dalil dalam Madarif as-Shu’ud

           وَقَالَ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَنْ عَظَمَ مَوْلِدِ النَّبِي صَلًّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَدْ اَحْيَا الْاِسْلَامَ.
Islama Ahya faqodh wa sallama ‘alaihillahu shollannabi maulidi ‘adzhoma man ‘anhullahu radiya ‘umar wa qola
Artinya: siapa menghormati hari lahir Rosululloh sama artinya menghidupkan Islam.

Demikianlah ceramah dari saya yang bertema tentang Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.


Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Terima kasih kepada para pembaca blog Ayyu.Semoga bermanfaat bagi pembaca. Pantengin terus ya blog Ayyu. Jangan lupa untuk like + comment. Komentar, kritik dan saran kalian sangat membantu Ayyu. 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar